Beberapa Cara Agar Handal Menulis Artikel

Beberapa Cara Agar Handal Menulis Artikel

Setiap orang terhadap dasarnya sanggup menulis, tetapi banyak dari mereka yang tidak sadar akan hal tersebut. Mereka beranggap bahwa menulis merupakan hal yang susah, buat pusing, banyak berpikir dan sebagainya snoopdogringtonesdirh padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Semisal saja kamu mengobrol bersama dengan temanmu, artinya kamu menyeritakan atau memberikan sesuatu bukan? Nah di dalam menulis pun kamu laksanakan yang sama, yakni memberikan cerita, gagasanmu kepada pembaca.


Tapi bagaimana agar tulisanmu baik untuk dibaca? Karena tulisan yang bagus bukan berdasarkan panjangnya tulisan tersebut, namun dari konten dan isi dari tulisan Anda. Jadi, bagaimana cara agar kamu tambah jago di dalam menulis? Yuk simak tips dibawah ini

1. Minimalkan jarak antara pembaca bersama dengan cerita
Banyak yang tidak mengerti bahwa paragraf awal di dalam sebuah artikel mempengaruhi sikap pembaca untuk membaca suatu tulisan. Apabila paragraf pembuka benar-benar panjang, maka akan menyebabkan pembaca pusing dan kelelahan untuk membaca tulisanmu. Jadi, untuk menulis artikel yang baik, tulislah paragraf yang singkat, dan tidak benar-benar bertele-tele. Satu atau dua kata-kata pembuka yang bagus akan membuat pembaca betah untuk membaca tulisanmu.

2. Persingkat sebuah paragraf
Mempersingkat seluruh tulisanmu. Di masa digital saat ini ini, orang-orang lebih banyak membaca artikel lewat smartphone. Jadi jika artikel yang kamu bikin benar-benar panjang, orang akan jadi malas membaca tulisanmu. Bekerja sebagai penulis artikel bisa mendapat gaji setara PNS memang untuk menyebabkan paragraf yang singkat tidaklah mudah, tetapi hal ini akan menyebabkan kamu naik level di dalam menulis. Tulisanmu semakin bagus andaikan kamu sanggup mempersingkat paragraf bersama dengan menyampaikan inti dari tulisanmu tersebut. Tetapi perlu diperhatikan jangan terlalu pendek, gara-gara sanggup menyebabkan pembaca tidak mengerti isi dari tulisanmu. Solusinya? Keep practicing 

3. Buatlah artikel yang singkat, tetapi senantiasa berisi
Sekali lagi aku ingatkan untuk senantiasa menyingkat kalimat. Kenapa? Karena sebuah artikel yang baik cuma membutuhkan kata-kata efektif. Bukan kalimat yang berputar-putar dan berkembang tidak mengerti juntrungannya. Jelas, tajam dan singkat merupakan elemen yang mutlak di dalam menulis artikel.

4. Berikan isi
Kebanyakaan artikel pas ini cuma memuat kata-kata kosong yang tidak berarti. Banyak sekali kita mendapatkan judul-judul artikel yang bombastis tetapi isi artikelnya kosong tidak bermakna. Artikel seperti ini biasanya hanya mengejar keyword di dalam mesin pencarian, dan lupa esensi dalam menulis artikel.

Jangan menulis artikel cuma hanyalah mengejar tujuan atau gara-gara konten saja. Tulislah artikel yang memuat makna dan memberi tambahan pemahaman kepada pembaca. Bila menulis, bayangkan di dalam benakmu apabila pembaca mu bertanya “kenapa” atau “mengapa” berkenaan artikel yang dibuat. 

Hal ini sanggup mendorongmu untuk menulis bersama dengan menjawab pertanyaan tersebut. Penulis artikel yang baik adalah penulis yang sanggup menyampaikan informasi, menyebutkan sebuah makna atau makna dan menyebabkan pembaca memahami sesuatu di dalam artikel yang dibuat.

5. Tell a story
Ceritakan sebuah cerita kepada pembacamu. Setiap orang tentu pernah mendapatkan cerita. Ada yang menurut mereka cerita yang bagus maupun yang buruk. Hal tersebutlah yang perlu dilaksanakan penulis, yakni pandai bercerita atau menyampaikan. Cara yang bagus untuk menarik pembaca artikel mu adalah bersama dengan sebuah kejadian, latar daerah atau sebuah alur.

Cerita adalah cara yang bagus di dalam mengakses sebuah artikel. Cerita juga mampu memberikan sebuah inti gagasan. Tidak perlu terlalu berlebih dalam menyampaikan cerita, cuma perlu ditulis bersama dengan se-efektif mungkin. Intinya adalah, ceritakan secara singkat, simple dan mengerti bersama dengan begitu artikelmu akan sendirinya mengalir bersama dengan baik. Perlu diingat jangan menulis sesuatu yang miskin cerita. Karena pembaca akan lebih tertarik dengan tulisan yang kaya akan cerita.

Nah itulah beberapa tips untuk kalian yang ingin jago di dalam menulis artikel. Tulisan yang baik tidak berkunjung bersama dengan begitu saja. Perlu adanya latihan dan dilaksanakan berkali-kali agar penulis mendapatkan type dan karakternya sendiri di dalam menulis artikel. Selamat menulis. 

Komentar